Butuh Bantuan? Customer Service ZahraHerbalStore siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat?

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat?

Ditulis pada: 12 September 2017 | Kategori:

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat?

Seperti kita ketahui, kolesterol tinggi berbahaya bagi kesehatan. Lalu Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat? Mari temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini!

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat?

Kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat hormon (seperti hormon testosteron dan estrogen), vitamin D, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak dari makanan. Dan perlu anda ketahui juga bahwa kolesterol ada 2 jenisnya, yaitu kolesterol jahat atau disebut juga LDL (Low Density Lipoprotein), serta kolesterol baik atau disebut juga HDL (High Density Lipoprotein). Kolesterol tinggi terjadi ketika kadar LDL dalam darah terlalu tinggi, atau kadar HDL dalam darah terlalu rendah. Hal ini membuat anda sangat berisiko terkena penyakit jantung.

Jika anda salah satu orang yang menderita kolesterol tinggi, anda tidak perlu khawatir, masih ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi, sehingga anda bisa terhindar dari risiko penyakit kronis.

1. Ubah Kebiasaan Makan Anda

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kadar LDL dan HDL dalam tubuh adalah makanan yang dikonsumsi. Untuk itu, jika anda menderita kolesterol tinggi, maka anda harus memperhatikan dan mengontrol setiap makanan yang anda konsumsi, agar kadar LDL dan HDL terjaga dengan baik. Anda sebaiknya menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans tinggi, karena 2 jenis lemak tersebut dapat meningkatkan LDL dalam darah. Dan contoh makanan yang harus anda hindari atau anda batasi konsumsinya adalah daging berlemak, jeroan, makanan yang digoreng, susu tinggi lemak, krim, mentega, dan lainnya.

2. Menurunkan Berat Badan

Orang yang memiliki berat badan berlebih cenderung memiliki LDL yang lebih tinggi dibandingkan HDL. Sebab, orang gemuk biasanya sering makan berlebihan dan jarang berolahraga. Agar terhindar dari kolesterol tinggi, maka disarankan agar anda menurunkan berat badan jika anda mempunyai berat badan berlebih.

Tidak harus menurunkan berat badan sampai kurus, tapi cukup hanya menurunkan berat badan sampai mencapai berat badan normal. Efeknya akan sangat positif terhadap kadar LDL dan HDL anda. Penurunan berat badan 5 kg saja sudah dapat membantu mengurangi kadar kolesterol sampai 8%.

Lakukan penurunan berat badan ini dengan cara sehat, sehingga tidak hanya berat air yang berkurang tapi juga berat lemak. Anda cukup menargetkan penurunan berat badan anda sebesar 0,5-1 kg per minggu. Zahra Herbal

3. Lakukan Olahraga Teratur

LDL tinggi dan HDL rendah erat kaitannya dengan berat badan berlebih. Oleh karena itu, anda perlu untuk membakar lemak tubuh dengan cara melakukan olahraga teratur. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kadar HDL serta menurunkan kadar LDL dan trigliserida.

Lakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari atau 150 menit per minggu agar manfaat ini bisa anda rasakan.

4. Berhenti Merokok

Merokok dapat menurunkan HDL dalam tubuh, sehingga kadar LDL bisa terus meningkat. Selain itu, merokok juga dapat melukai dinding pembuluh darah anda. Untuk itu, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok jika anda ingin terhindar dari penyakit akibat kolesterol tinggi.

5. Hindari Stres

Saat stres, ternyata kadar LDL bisa meningkat, loh. Untuk itu, sebaiknya hindari stres. Temukan aktivitas yang menyenangkan yang bisa membuat diri anda tenang, sehingga terhindar dari stres. Selain itu, anda juga perlu mencukupi kebutuhan tidur anda. Kurang tidur bisa membuat tubuh stres.

Apa Saja Makanan Penurun Kolesterol Tinggi?

Jika tak ingin LDL tinggi, maka anda harus lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik (lemak tak jenuh) dibandingkan lemak jahat (lemak jenuh dan lemak trans). Beberapa contoh makanan sumber lemak tak jenuh yang bisa anda konsumsi untuk membantu menurunkan kadar LDL yang tinggi adalah :

  • Minyak zaitun
  • Ikan salmon, ikan tuna, sarden, ikan herring, atau ikan kaya omega-3 lainnya (tapi, sebaiknya jangan diolah dengan cara digoreng)
  • Alpukat
  • Kacang kenari, almond, mede, kedelai, dan kacang-kacangan lainnya

Selain makanan tinggi lemak tak jenuh, makanan tinggi serat juga merupakan makanan penurun kolesterol. Serat dapat membantu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Serat pada makanan dapat menghalangi penyerapan zat ini oleh tubuh dan membantu mengeluarkannya dari tubuh melalui feses. Sayuran dan buah-buahan merupakan kelompok makanan yang mengandung serat tinggi. (Baca Juga : Obat Herbal Kista)

Selain itu, oatmeal dan makanan yang terbuat dari gandum utuh juga mengandung serat yang cukup tinggi.

Apakah Perlu Minum Obat Kolesterol Tinggi?

Selain mengubah pola hidup, cara menurunkan kolesterol lainnya adalah dengan mengonsumsi obat kolesterol. Obat kolesterol bisa menurunkan LDL lebih cepat sampai 50% dibandingkan cara lain. Seperti, mengontrol asupan lemak hanya menurunkan LDL sebesar 10%, sedangkan menurunkan berat badan 5-10% dari berat awal hanya berhasil menurunkan LDL sampai 15%, dilansir dari WebMD. Maka, tak heran jika banyak orang lebih senang menggunakan obat untuk menurunkan LDL dibandingkan mengubah pola hidup.

Obat kolesterol bekerja dengan cara menghalangi zat yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolesterol, mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh, dan membantu menyerap kolesterol dan membuangnya dari tubuh. Salah satu obat kolesterol yang sering digunakan adalah statin, termasuk atorvastatin, lovastatin, simvastatin, pravastatin, danĀ  rosuvastatin.

Namun, jangan hanya mengandalkan obat kolesterol saja. Anda tetap perlu menjaga kadar HDL dan LDL tetap normal dengan cara mengontrol asupan makan dan olahraga teratur. Bukan berarti anda sudah menggunakan obat kolesterol sehingga anda bisa bebas makan apa saja, itu salah. Lagipula, menggunakan obat kolesterol statin juga dapat menimbulkan efek samping.

Efek samping yang bisa ditimbulkan dari statin adalah pusing, masalah pencernaan, nyeri otot dan sendi, diabetes mellitus tipe 2, sampai kerusakan otot dan hati. Setelah tahu efek samping dari statin, apakah anda masih ingin menggunakan obat kolesterol? Apakah anda butuh menggunakan obat kolesterol atau tidak, ini tergantung dari kadar kolesterol dalam tubuh anda. Sebaiknya tanyakan hal ini kepada dokter anda.

Baca Juga :

Tidak Hanya Kelebihan, Kekurangan Karbohidrat Juga Berisiko

Meski Sedang Diet, Jangan Lupakan Nutrisi Ini !

Tips Melindungi Anak dari Serangan Penyakit

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat? | zahraherbal.com

Tags:

Belum ada Komentar untuk Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Blog Terbaru

Obat Herbal Yang Ampuh Menghilangkan Vitiligo

Obat Herbal Yang Ampuh Menghilangkan Vitiligo Ditulis pada: 25 September 2017

Obat Herbal Yang Ampuh Menghilangkan Vitiligo Apakah Anda sedang mencari Obat Herbal Yang Ampuh Menghilangkan Vitiligo? Anda berada di tempat yang tepat, karena kami tau obat vitiligo herbal yang paling tepat Anda pilih, itu adalah obat herbal Jelly Gamat Gold... Baca selengkapnya »

Nama Obat Herbal Psoriasis Yang Ampuh

Zahra Herbal Ditulis pada: 22 September 2017

Nama Obat Herbal Psoriasis Yang Ampuh Anda menderita penyakit psoriasis? Mau tau Nama Obat Herbal Psoriasis Yang Ampuh dan paling laris yang direkomendasikan? Jelly Gamat Gold G lah namanya. Obat psoriasis herbal ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya karena khasiatnya... Baca selengkapnya »

PENTING! Daging Kambing Ternyata Tidak Bikin Darah Tinggi

PENTING! Daging Kambing Ternyata Tidak Bikin Darah Tinggi Ditulis pada: 19 September 2017

PENTING! Daging Kambing Ternyata Tidak Bikin Darah Tinggi PENTING! Daging Kambing Ternyata Tidak Bikin Darah Tinggi. Anggapan yang selama ini beredar bahwa makan daging kambing bisa bikin naik tensi darah ternyata tidak sepenuhnya benar, bahkan daging kambing sepenuhnya aman untuk... Baca selengkapnya »

Apa Saja Makanan Pantangan Untuk Penderita Gagal Ginjal?

Apa Saja Makanan Pantangan Untuk Penderita Gagal Ginjal? Ditulis pada: 16 September 2017

Apa Saja Makanan Pantangan Untuk Penderita Gagal Ginjal? Apa Saja Makanan Pantangan Untuk Penderita Gagal Ginjal? Jika Anda penderita gagal ginjal, maka Anda perlu tau makanan pantangan penderita gagal ginjal. Sebab, menghindari makanan pantangan tersebut akan membantu proses pengobatan gagal... Baca selengkapnya »

Apa Saja Makanan yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak?

Apa Saja Makanan yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak? Ditulis pada: 14 September 2017

Apa Saja Makanan yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak? Meningkatkan kinerja otak dengan asupan makanan. Apa Saja Makanan yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak? Mari kita temukan jawabannya dalam pembahasan berikut ini! Rata-rata, Anda bekerja selama 8-10 jam sehari dalam 5 hari... Baca selengkapnya »