Butuh Bantuan? Customer Service ZahraHerbalStore siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Kenapa Makanan Kemasan Bahaya Bagi Kesehatan?

Kenapa Makanan Kemasan Bahaya Bagi Kesehatan?

Ditulis pada: 13 September 2017 | Kategori:

Kenapa Makanan Kemasan Bahaya Bagi Kesehatan?

Pernah dengar kalau makanan kemasan berbahaya bagi kesehatan? Sebenarnya Kenapa Makanan Kemasan Bahaya Bagi Kesehatan? Mari temukan jawabannya dalam pembahasan berikut ini!

Kenapa Makanan Kemasan Bahaya Bagi Kesehatan?

Makanan kemasan memang saat ini telah menjadi salah satu primadona dan banyak menjadi pilihan. Pasalnya, dengan meningkatnya gaya hidup di jaman yang semakin maju ini membuat banyak orang menjadi malas dan tidak mau ribet dalam hal makan sekalipun, sehingga makanan kemasan yang sudah, yang tinggal santap pun menjadi pilihan utamanya. Padahal, makanan kemasan belum jelas keamanannya untuk kesehatan tubuh, terlebih banyak juga penjual nakal yang sering kali masih memperjual-belikan makanan kemasan yang sudah kedaluwarsa. Belum lagi hal-hal lainnya yang tidak baik dari makanan kemasan.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa makanan kemasan berbahaya terhadap kesehatan tubuh, diantaranya :

  • Tidak Bernutrisi

Makanan kemasan biasanya mengandung nutrisi yang sangat rendah bila dibandingkan dengan makanan segar, apalagi bila dibandingkan dengan buah dan sayuran. Sebab, makanan kemasan harus terlebih dahulu melewati berbagai tahapan produksi yang membuat kandungan nutrisi dalam makanan tersebut jadi berkurang.

Untuk menggantikan nutrisi yang hilang, produsen biasanya akan menambahkan serat, vitamin, dan mineral sintetis pada makanan kemasan dalam proses yang disebut fortifikasi. Namun meski begitu, hal itu tetap tidak dapat menggantikan manfaat nutrisi alami yang terkandung dalam makanan.

  • Mengandung Bahan Kimia Buatan

Jika anda sering membaca informasi gizi yang ada pada makanan kemasan, anda pasti pernah menemukan berbagai nama bahan yang tidak terlalu familiar di telinga. Nah, nama bahan tersebut mungkin merupakan bahan kimia buatan yang sengaja ditambahkan dengan fungsi tertentu. Ya, makanan kemasan memang biasanya sering menambahkan bahan pengawet, pewarna, penambah rasa, pemberi tekstur, sampai pemanis buatan. Penambahan bahan kimia tersebut bertujuan agar makanan kemasan mempunyai rasa yang diinginkan dan dapat disimpan lebih lama.

Walaupun bahan-bahan kimia tersebut telah teruji, tapi mungkin pada kenyataannya tidak benar-benar aman bagi kesehatan untuk jangka panjang. Karena buktinya saja pada banyak makanan dan minuman, penambahan pemanis buatan sirup jagung tinggi fruktosa telah dihubungkan dengan penyakit jantung, diabetes, obesitas, bahkan penyakit kanker. Zahra Herbal

  • Mengandung Gula, Garam, dan Lemak Trans yang Tinggi

Gula, garam, dan lemak trans sering kali ditemukan dalam jumlah tinggi pada makanan kemasan. Hal tersebut berbahaya, sehingga itulah mengapa makanan kemasan bahaya bagi kesehatan tubuh. Karena bisa meningkatkan risiko anda terkena penyakit. Ketiga kandungan tersebut bisa berdampak buruk terhada kesehatan anda, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Konsumsi gula yang tinggi bisa mengganggu metabolisme dan menyumbang kalori berlebih pada tubuh. Hal ini kemudian bisa menyebabkan resistensi insulin, meningkatkan penumpukan lemak dai hati dan rongga perut, meningkatkan kadar kolesterol jahat, dan meningkatkan kadar trigliserida. Sedangkan asupan garam yang berlebihan dapat meningkatkan volume darah, sehingga membuat jantung bekerja lebih keras, tapi pembuluh darah menyempit, sehingga tekanan darah jadi naik. Sementara kandungan lemak trans dalam makanan kemasan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini kemudian dapat meningkatkan risiko anda terkena penyakit jantung.

  • Kemasannya Mengandung Senyawa Berbahaya

Bukan hanya kandungannya saja yang bisa membahayakan kesehatan, tapi kemasan dari makanan kemasan juga dapat membahayakan kesehatan. Sejumlah bahan kimia terkandung dalam kemasan makanan dan bisa membahayakan kesehatan. Ini merupakan bahaya makanan kemasan yang bisa muncul dalam jangka panjang.

Hal ini pun telah dibuktikan oleh penelitian dalam Journal of Epidemiology and Community Health. Bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam kemasan makanan bisa larut ke dalam makanan yang Anda makan, sehingga masuk ke tubuh. Bahan kimia tersebut, seperti formaldehida dalam botol plastik yang bisa menyebabkan kanker, bisphenol A yang biasa terkandung dalam kaleng makanan atau minuman, tributyltin, triclosan, dan phthalates. (Baca Juga : Obat Sinusitis Ampuh)

Walaupun mungkin kandungan bahan kimia tersebut yang masuk ke tubuh sangat sedikit, masih dalam batas aman. Namun, paparan jangka panjang bisa menyebabkan penumpukan bahan kimia berbahaya dalam tubuh, sehingga membahayakan kesehatan (terutama bahan kimia yang dapat mengganggu hormon).

  • Bikin Gemuk

Makanan kemasan umumnya mempunyai rasa yang lezat, yang semua orang suka. Para produsen makanan tahu bahwa konsumen suka dengan makanan yang manis, asin, dan berlemak. Maka mereka menciptakan makanan dengan rasa tersebut. Membuat konsumen tertarik untuk membelinya. Ditambah lagi, kemasannya yang kecil membuat Anda tidak sadar sudah makan berapa banyak.

Beberapa penelitian pun membuktikan bahwa kandungan dalam makanan kemasan bisa membuat Anda makan lebih banyak dari yang Anda butuhkan, seperti dilansir dari Medical News Today. Otak Anda mungkin sudah sulit memahami bagaimana rasa kenyang, sehingga Anda tidak bisa berhenti makan makanan kemasan. Kadang, Anda mungkin “ketagihan” ingin makan lagi dan lagi sampai kenyang. Tanpa sadar, Anda sudah makan berlebihan.

Baca Juga :

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat?

Tidak Hanya Kelebihan, Kekurangan Karbohidrat Juga Berisiko

Meski Sedang Diet, Jangan Lupakan Nutrisi Ini !

Kenapa Makanan Kemasan Bahaya Bagi Kesehatan? | zahraherbal.com

Tags:

Belum ada Komentar untuk Kenapa Makanan Kemasan Bahaya Bagi Kesehatan?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Blog Terbaru

Obat Herbal Yang Ampuh Menghilangkan Vitiligo

Obat Herbal Yang Ampuh Menghilangkan Vitiligo Ditulis pada: 25 September 2017

Obat Herbal Yang Ampuh Menghilangkan Vitiligo Apakah Anda sedang mencari Obat Herbal Yang Ampuh Menghilangkan Vitiligo? Anda berada di tempat yang tepat, karena kami tau obat vitiligo herbal yang paling tepat Anda pilih, itu adalah obat herbal Jelly Gamat Gold... Baca selengkapnya »

Nama Obat Herbal Psoriasis Yang Ampuh

Zahra Herbal Ditulis pada: 22 September 2017

Nama Obat Herbal Psoriasis Yang Ampuh Anda menderita penyakit psoriasis? Mau tau Nama Obat Herbal Psoriasis Yang Ampuh dan paling laris yang direkomendasikan? Jelly Gamat Gold G lah namanya. Obat psoriasis herbal ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya karena khasiatnya... Baca selengkapnya »

PENTING! Daging Kambing Ternyata Tidak Bikin Darah Tinggi

PENTING! Daging Kambing Ternyata Tidak Bikin Darah Tinggi Ditulis pada: 19 September 2017

PENTING! Daging Kambing Ternyata Tidak Bikin Darah Tinggi PENTING! Daging Kambing Ternyata Tidak Bikin Darah Tinggi. Anggapan yang selama ini beredar bahwa makan daging kambing bisa bikin naik tensi darah ternyata tidak sepenuhnya benar, bahkan daging kambing sepenuhnya aman untuk... Baca selengkapnya »

Apa Saja Makanan Pantangan Untuk Penderita Gagal Ginjal?

Apa Saja Makanan Pantangan Untuk Penderita Gagal Ginjal? Ditulis pada: 16 September 2017

Apa Saja Makanan Pantangan Untuk Penderita Gagal Ginjal? Apa Saja Makanan Pantangan Untuk Penderita Gagal Ginjal? Jika Anda penderita gagal ginjal, maka Anda perlu tau makanan pantangan penderita gagal ginjal. Sebab, menghindari makanan pantangan tersebut akan membantu proses pengobatan gagal... Baca selengkapnya »

Apa Saja Makanan yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak?

Apa Saja Makanan yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak? Ditulis pada: 14 September 2017

Apa Saja Makanan yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak? Meningkatkan kinerja otak dengan asupan makanan. Apa Saja Makanan yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak? Mari kita temukan jawabannya dalam pembahasan berikut ini! Rata-rata, Anda bekerja selama 8-10 jam sehari dalam 5 hari... Baca selengkapnya »