Butuh Bantuan? Customer Service ZahraHerbalStore siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » Risiko Kesehatan Jika Anda Melakukan Diet Cepat

Risiko Kesehatan Jika Anda Melakukan Diet Cepat

Ditulis pada: 4 August 2017 | Kategori:

Risiko Kesehatan Jika Anda Melakukan Diet Cepat

Risiko Kesehatan Jika Anda Melakukan Diet Cepat

Masalah berat memang merupakan permasalahan yang cukup serius bagi sebagian besar orang, terutama para wanita. Berat badan yang tidak ideal sering kali membuat para wanita kurang percaya diri, sehingga banyak sekali wanita yang berupaya melakukan diet untuk memperoleh berat badan ideal. Namun sayangnya, terkadang orang tidak tahu apakah cara diet yang dilakukan sudah benar atau salah. Jika anda melakukan diet dengan cepat, maka risiko kesehatan mengintai anda. Zahra Herbal

Bobot dalam menurunkan berat badan yang direkomendasikan dan dianggap sehat adalah setengah hingga satu kilogram per minggu. Sedangkan jika anda melakukan perubahan pola makan dengan mendadak demi menurunkan berat badan secara cepat, maka risiko yang harus anda hadapi adalah gangguan kesehatan. Upaya keras yang tidak sehat dalam menurunkan berat badan ini juga tidak memungkinkan menghasilkan perubahan gaya hidup yang berkelanjutan guna menjaga kestabilan berat badan ideal dalam jangka panjang.

Jumlah bobot penurunan berat badan yang direkomendasikan dan dianggap sehat adalah setengah hingga satu kilogram per minggu. Dalam setiap setengah kilogram lemak mengandung kurang lebih 3.500 kalori. Artinya, untuk mengurangi berat badan setengah kilogram dalam seminggu, maka anda perlu membakar setidaknya 500 kalori per hari.

Risiko Menjalani Diet Cepat

Melakukan diet dengan cepat cenderung tidak akan bertahan lama, di mana kestabilan berat badan cenderung sulit di jaga, sehingga biasanya diet cepat hanya berlaku sementara. Selain itu, orang yang melakukan diet dengan cepat juga berisiko mengalami gangguan kesehatan, seperti :

  • Tubuh lemas dan mudah lelah

Biasanya, orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat akan mengurangi porsi makan menjadi lebih sedikit, dan bahkan mungkin akan memaksakan diri tidak makan. Jika hal itu dilakukan, jelas akibatnya akan mengganggu kesehatan, tubuh kekurangan kalori, dan akibatnya tubuh lemas dan mudah lelah. Selain itu, produktivitas orang tersebut pun akan berkurang.

  • Kekurangan nutrisi

Setiap orang jelas membutuhkan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang agar tubuh dapat terjaga kesehatan dan kebugarannya. Karbohidrat, vitamin, mineral, lemak, dan protein merupakan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang ideal agar dapat berfungsi dengan baik. Dan jika anda melakukan diet cepat dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan beberapa nutrisi seperti karbohidrat dan lemak. Maka rentetan penyakit pun berisiko menyerang anda. Baca Juga : Cara Realistis Untuk Menurunkan Berat Badan

  • Berat badan cepat naik kembali

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa diet cepat cenderung hanya bersifat sementara, di mana berat badan biasanya akan kembali naik, karena diet yang cepat cenderung sulit untuk dijaga kestabilan berat badannya. Diet cepat tidak memberikan kesempatan terhadap tubuh untuk melatih membakar kalori dalam jumlah banyak. Padahal, agar hasil diet bisa bertahan lama, perubahan gaya hidup secara bertahap dan menyeluruh sangat diperlukan sekali. Perubahan gaya hidup ini meliputi olahraga hingga pengaturan pola makan. Diet cepat membuat makanan yang Anda konsumsi tidak terbakar secara maksimal sehingga berat tubuh kembali naik.

  • Rusaknya jaringan otot

Ketika anda melakukan diet secara cepat dan ekstrem, maka sebenarnya diet yang dilakukan tidak membakar lemak, melainkan membakar otot-otot tubuh, sehingga diet secara cepat sangat berisiko menyebabkan jaringan otot menjadi rusak.

  • Gangguan tubuh lain

Beberapa penyakit yang dapat menyerang karena efek samping diet cepat, antara lain menstruasi yang tidak teratur, sakit kepala, rambut rontok, dan konstipasi atau susah buang air besar.

  • Penyakit serius yang mungkin terjadi

Diet cepat yang dilakukan terus-menerus berisiko mengundang penyakit serius, diantaranya :

Batu empedu: terjadi pada 1-2 dari 10 orang yang kehilangan berat badan dalam jumlah banyak dalam beberapa bulan.

Ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Dehidrasi.

Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Diet

Risiko Kesehatan Jika Anda Melakukan Diet Cepat, – Beberapa kebiasaan berikut ini memang sering kali dilakukan dalam diet cepat yang justru efeknya dapat merugikan kesehatan, diantaranya :

  • Melewatkan makanan utama

Sebuah studi menunjukkan, bahwa orang yang makan dengan teratur setiap pagi, siang, dan malam dapat menjaga berat badan ideal dengan lebih baik. Sarapan dengan asupan yang mengandung cukup serat dan protein dapat membuat anda tetap merasa kenyang sampai waktu makan siang tiba. Akan tetapi jika anda melewatkan makanan utama, maka anda cenderung akan mengonsumsi banyak makanan ringan di sela-sela waktu makan utama.

  • Menyepelekan kandungan makanan ringan

Hal ini memang sering kali tidak disadari, bahkan mungkin hanya sedikit saja orang yang menyadari akan kandungan makanan ringan. Sangat jarang sekali orang memperhatikan berapa banyak kalori yang terkandung dalam dua potong gorengan, atau sekantong kripik kentang, atau sepotong kue. Padahal perlu anda ketahui bahwa jumlah total kalori dari makanan ringan justru bisa melebihi kalori yang seharusnya anda konsumsi. Memperhatikan label nutrisi yang tertera pada kemasan makanan akan membantu anda menakar sendiri jumlah kalori yang akan dikonsumsi. Jadi anda bisa dengan bijak menyiasati seberapa wajar anda mengkonsumsi makanan ringan dengan memperhitungkan asupan kalori yang masuk dari konsumsi makanan ringan tersebut. Zahra Herbal

  • Sama sekali tidak mengonsumsi makanan ringan

Makanan ringan tidak semuanya mengandung kalori tinggi, tergantung jenis makanan ringan apa yang dipilih. Misalnya, makanan ringan yang dipilih adalah jenis yang sehat dengan jumlah kalori rendah. Hal itu justru membuat anda bisa terhindar dari rasa lapar dan lebih mampu untuk menjaga berat badan ideal. Makanan ringan kaya protein seperti kacang almond dapat menjaga metabolisme tubuh tetap bekerja maksimal.

  • Meminum minuman yang terlalu banyak kalori

Orang yang melakukan diet cepat cenderung menghindari konsumsi makanan berkalori tinggi. Dan sebagai gantinya, minuman manis menjadi pilihannya. Padahal, minuman manis seperti kopi dengan krim serta minuman bersoda juga memiliki jumlah kalori yang tidak kalah banyak. Selain itu, justru minuman-minuman tersebut akan membuat perut merasa lapar sehingga pada akhirnya Anda perlu makan lebih banyak.

  • Kurang mengonsumsi air mineral

Sebagian orang mengira bahwa konsumsi air mineral membuat tubuh menjadi gemuk. Namun pada kenyataannya tidak demikian. Air mineral merupakan unsur yang paling penting dalam pembakaran kalori. Mengkonsumsi air mineral sebanyak minimal 8 gelas per hari, justru akan meningkatkan laju metabolisme.

  • Menimbang badan tiap hari

Jika berat tubuh Anda turun dalam hitungan hari, maka kemungkinan besar yang turun adalah kadar air dalam tubuh, bukannya lemak. Daripada anda terus menerus mengukur berat badan tiap hari, ada baiknya anda lebih fokus terhadap tujuan jangka panjang, seperti fokus mengejar target yang dicanangkan, yakni menghilangkan setengah kilogram dalam waktu seminggu atau lebih.

  • Menetapkan target yang tidak realistis

Risiko Kesehatan Jika Anda Melakukan Diet Cepat, – Selain membuat frustasi karena keinginan tidak tercapai, menargetkan untuk menurunkan berat badan hingga 5 kilogram seminggu dapat membuat Anda berniat melakukan segala cara, termasuk cara tidak sehat untuk mencapainya. Stres karena gagalnya mencapai target yang tidak realistis justru bisa memicu anda untuk lebih banyak lagi makan. Sehingga alih-alih menurunkan berat badan malah menambah berat badan lagi. Baca Juga : Bunda, Konsumsi Makanan Berikut Ini Dapat Memperbanyak ASI

Risiko Kesehatan Jika Anda Melakukan Diet Cepat | zahraherbal.com

Tags:

Belum ada Komentar untuk Risiko Kesehatan Jika Anda Melakukan Diet Cepat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Blog Terbaru

Menu Makanan Tepat Pendamping ASI Untuk Buah Hati

Menu Makanan Tepat Pendamping ASI Untuk Buah Hati Ditulis pada: 12 August 2017

Menu Makanan Tepat Pendamping ASI Untuk Buah Hati Menurut WHO, pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) disarankan pada bayi usia 6 bulan. Rekomendasi WHO juga termasuk perhatian porsi dan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan bayi. Lalu seperti apa menu yang tepat... Baca selengkapnya »

Deretan Makanan Yang Menjadi Sumber Protein Hewani

Deretan Makanan Yang Menjadi Sumber Protein Hewani Ditulis pada: 10 August 2017

Deretan Makanan Yang Menjadi Sumber Protein Hewani Protein merupakan salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh. Manfaat protein yang paling terkenal adalah fungsinya untuk otot dan tenaga manusia. Hal tersebut bahkan membuat banyak orang yang mengalihkan menu karbohidrat menjadi protein,... Baca selengkapnya »

Pilih Camilan Sehat, Tidak Perlu Takut Gemuk

Pilih Camilan Sehat, Tidak Perlu Takut Gemuk Ditulis pada: 8 August 2017

Pilih Camilan Sehat, Tidak Perlu Takut Gemuk Kegemukan memang merupakan salah satu masalah yang menjadi ketakutan oleh sebagian banyak orang. Pasalnya, berat badan yang berlebih sering membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Maka tak heran, banyak orang yang berupaya keras... Baca selengkapnya »

Musim Hujan, Cegah Penyakit dengan Jambu Biji !

Musim Hujan, Cegah Penyakit dengan Jambu Biji ! Ditulis pada: 7 August 2017

Musim Hujan, Cegah Penyakit dengan Jambu Biji ! Di musim penghujan seperti sekarang ini, rentetan penyakit memang sangat mudah menyerang. Di mulai dari penyakit yang ringan sampai penyakit yang berat. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kesehatan tubuh kita dan... Baca selengkapnya »

Risiko Kesehatan Jika Anda Melakukan Diet Cepat

Risiko Kesehatan Jika Anda Melakukan Diet Cepat Ditulis pada: 4 August 2017

Risiko Kesehatan Jika Anda Melakukan Diet Cepat Masalah berat memang merupakan permasalahan yang cukup serius bagi sebagian besar orang, terutama para wanita. Berat badan yang tidak ideal sering kali membuat para wanita kurang percaya diri, sehingga banyak sekali wanita yang... Baca selengkapnya »